Blog

Gulo Puan, Kudapan Bangsawan Palembang

Dahulu kala pada zaman kesultanan, kudapan dengan rasa manis ini adalah kudapan untuk para bangsawan dan warisan raja-raja Kesultanan Palembang Darussalam. Seiring berkembangnya waktu, gulo puan juga menjadi kudapan khas bagi masyarakat Palembang. Bahan utama gulo puan diolah dari susu kerbau rawa pedesaan yang berada di kawasan rawa-rawa Sumatra Selatan khususnya daerah Pampangan, Ogan Komering… Read more »

SEJARAH KESULTANAN PALEMBANG

Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-12 menjadi cikal bakal berdirinya Kesultanan Palembang Darussalam. Kerajaan Sriwijaya runtuh akibat dikalahkan oleh Kerajaan Majapahit. Ketika Sriwijaya runtuh sebagai pusat niaga, maka lahirlah suatu daerah atau kota yang dalam ejaan China disebut dengan sebutan Palinfong (yang kini lebih dikenal dengan sebutan Kota Palembang). Sepeninggalan Sriwijaya, kota ini tetap eksis… Read more »

Pertama di Sumatera, Palembang Punya Pasar Ikan Modern.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong kenaikan konsumsi ikan dalam negeri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun pasar ikan modern dan dapat diakses secara offline maupun online sehingga memudahkan bagi nelayan menjual produknya ke konsumen. Untuk itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo meresmikan Pasar Ikan Modern dengan lahan seluas 9.319… Read more »

belido

Ikan Belido (Chitala lopis)

Kota Palembang tidak hanya dikenal dengan jembatan Ampera, tapi juga pempek. Kuliner khas Bumi Sriwijaya ini terbuat dari ikan belida/belido. Nama ikan ini sendiri diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan yang menjadi habitatnya. Yuk, simak lebih jauh tentang ikan ini. Ikan lopis merupakan jenis ikan sungai yang tergolong dalam suku Notopteridae (ikan… Read more »

Kamus Bahasa Palembang Beserta Arti

Hallo mangcek bikcek, apa kabarnya? Semoga dalam keadaan baik semua ya.. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang kamus bahasa Palembang… semoga bermanfaat untuk kamu yang baru merantau ke kota ini atau sedang belajar dan memahami bahasa Palembang. Dan juga semoga terhibur untuk kamu yang di kota perantauan yang kangen dengan kota kelahiran.. BASENG… Read more »

Tips Agar Kaos Awet

Punya kaos kesayangan? Kalos limited edition yang susah sekali didapatkan. Atau kaos hadiah dari seseorang yang spesial? Ada bberapa tips agar kaos kesayangan kita menjadi awet alisa tahan lama. Simak yuk.. JANGAN DIRENDAM TERLALU LAMA Jangan merendam kaos terlalu lama. Usahakan untuk kaos yang baru pertama kali dicuci tidak direndam lebih dari 30 menit, dan… Read more »

Endemi, Wabah, Epidemi dan Pandemi. APA BEDANYA?

Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan, serta faktor-faktor yang dapat memengaruhi keadaan tersebut. Istilah-istilah dalam Epidemiologi Dalam Epidemiologi, ada istilah yang disebut epidemi, endemi, pandemi dan wabah. Semua ini berhubungan dengan penyakit-penyakit serius. Berikut penjelasan dari istilah-istilah Epidemiologi tersebut: Wabah Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam… Read more »

Asal-Usul Nama Kota Palembang

Pada zaman dahulu, daerah Sumatra Selatan dan sebagian Provinsi Jambi berupa hutan belantara yang unik dan indah. Puluhan sungai besar dan kecil yang berasal dari Bukit Barisan, pegunungan sekitar Gunung Dempo, dan Danau Ranau mengalir di wilayah itu. Maka, wilayah itu dikenal dengan nama Batanghari Sembilan. Sungai besar yang mengalir di wilayah itu di antaranya… Read more »

Kebudayaan Sumatera Selatan yang Fenomenal

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di wilayah selatan pulau Sumatera dengan ibukota Palembang. Seperti sebagian besar kebudayaan provinsi lain di pulau Sumatera, kebudayaan provinsi Sumatera Selatan sebagian besar terpengaruh oleh budaya Melayu. Selain itu, ada beberapa kebudayaan yang terpengaruh oleh Islam, dan ada pula yang dipengaruhi oleh kebesaran dari kerajaan… Read more »

Perang 5 Hari 5 Malam di Palembang

Sejarah pertempuran 5 hari 5 malam di Palembang. Pasukan sekutu mendarat di Palembang pada tanggal 12 Oktober 1945 di bawah pimpinan Letnan Kolonel Carmichael.        Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang terjadi pada tanggal 1 hingga 5 Januari 1947. Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang merupakan perang tiga matra yang pertama kali kita… Read more »

Aesan Gede Pakaian Adat Sumatera Selatan

Budaya merupakan sebuah sistem gagasan dan rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang dijadikan miliknya dengan belajar (Koentjaraningrat). Budaya adalah simbol yang berarti hasil olahan pikir yang memungkinkan untuk mengkodekan atau membukakan kode dari sesuatu yang hadir di hadapan kita. Salah satu dari wujud budaya adalah benda – benda fisik… Read more »

Suku-suku yang ada di Palembang, Sumatera Selatan

Indonesia sungguh sebuah negara dan bangsa yang beranekaragam alias supermajemuk. Dari satu suku besar, kemudian terpecah lagi menjadi berbagai suku, kemudian beranak-pinak lagi menjadi banyak subsuku dan seterusnya.   Suku Palembang di Sumatra Selatan, terdapat begitu banyak suku dan subsuku. Di bawah ini dipaparkan berbagai suku yang dimaksud:  Suku Komering Komering merupakan salah satu suku… Read more »

Dampak Buruk Paparan Udara yang Terkontaminasi Asap Kebakaran Hutan

Sampai saat ini sebagian daerah di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur maupun Sumatera seperti kota Pekanbaru, Palembang dan Dumai masih mengalami kebakaran hutan dalam kurun waktu beberapa pekan terkahir. Bahkan salah satu wilayah di Kalimantan yang tertutup kepulan asap sangat pekat telah mengganggu aktivitas warga. Dampak tebalnya kabut asap, jarak pandang di Kalimantan dan Sumatera hanya… Read more »

Resep Cuko Pempek Sedap Khas Palembang

RESEP DAN CARA MEMBUAT CUKO/CUKA (KUAH) KENTAL DAN PEDAS PEMPEK ASLI PALEMBANG MANTAP DAN TAHAN LAMA. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). CUKO dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang,… Read more »

Tanjak Asli Khas Kota Palembang Sudah Punah

Tanjak khas Kota Palembang ternyata sudah punah. Tanjak yang selama ini sering dipakai bukanlah warisan asli budaya dari Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Budayawan Palembang Kiemas Anwar Beck kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel mengungkapkan hiasan kepala yang sering digunakan dalam acara seremonial, seperti penyambutan tamu kenegaraan atau pernikahan saat ini adalah hasil modifikasi berbahan… Read more »

Anniversary 10th Kaos Nyenyes Palembang

10 Tahun lalu, ketika semuanya dimulai dari awal. Banyak hal yang kami lalui.. sama seperti manusia, yang melalui proses kehidupan. Kami lahir, merangkak, berjalan, tumbuh, menghadapi berbagai masalah, untuk menggapai dan mewujudkan impian besar. Nyenyes telah 10 tahun tumbuh berkembang. Bersama anak-anak muda yang memiliki semangat hebat dan visi yang sama untuk mewujudkan sebuah brand… Read more »