Asal Mula Pempek Palembang

Asal Mula Pempek Palembang

Hello mangcek bikcek yang saat ini sedang berada di seluruh penjuru Nusantara! Sebelumnya, kalian pasti telah mengetaui kalau pempek palembang merupakan salah satu makanan khas dari sumatera selatan, Palembang. Yang rasanya sangat gurih dan renyah bukan? Apalagi jika makanan itu ditemani dengan saus “Cuko”, Hmmm… pastinyo lemak nian (enak banget).

anekapempek

Mangcek bikcek, ketika kalian menyantap makanan lezat yang satu ini, pernahkah terlintas di pikiran kalian, bagaimana sih pempek palembang satu ini bisa tercipta, dan siapa sih yang membuat resepnya pertama kali? Nah, lewat artikel hari ini, kami akan membahas sekaligus mengobati rasa penasaran kalian tentang sejarah pempek palembang yang diketahui dari berbagai reverensi. Yap, langsung saja kita simak artikelnya, cek it out!

Bagaimana Asal Mula Resep Pempek Palembang?

Menurut sejarah, resep pempek itu sendiri sebenarnya merupakan modifikasi dari kuliner yang dibawa oleh para pedagang China ke kota Palembang. Pada masa itu, pedagang China membawa dagangan makanan yang ternyata mengandung bahan dasar yang haram untuk dikonsumsi oleh orang Indonesia yang Notabenetnya beragama Islam. Nah, dari disini sinilah sejarah pempek dimulai.

Karena perbedaan agama dan budaya itulah, Dagangan makanan masa itu menjadi kurang digemari. Melihat hasil dagangan yang kurang beruntung ini. Salah seorang pedagang china kemudian mulai memodifikasi resep masakan yang telah ada menjadi resep yang baru. Secara geologis, Palembang sendiri sebenarnya merupakan wilayah yang kaya akan ikan dan sagu. Karena itulah, maka bahan yang digunakan untuk untuk membuat resep barunya adalah ikan dan sagu yang hingga kini menjadi resep tetap Pempek Palembang.

Kapan Pempek Palembang mulai dikenalkan?

Nah, setelah resep barunya ini jadi, si pedagang kemudian mengenalkan pempek ini ke seluruh wilayah kota Palembang. Karena terbuat dari bahan yang dijamin Halal, Pempek Palembang pun akhirnya menjadi primadona yang sangat terkenal di Kota palembang. Nah, sobat Pempek Mania, tahukah kalian jika pempek dulu dikenal dengan nama asli “Kelesan”? Terus kenapa ya bisa berubah nama menjadi pempek? Usut punya usut nih, ternyata kata “Pempek” berasal dari kata “Apek”.

Apek sendiri merupakan julukan yang sering digunakan untuk memanggil orang yang mempunyai wajah chinesse. Karena dulu yang menjual pempek adalah kebanyakan orang chinesse, jadi ketika akan dipanggil, keluarlah kata “pek-pek-pek” yang akhinya semakin terkenal dengan sebutan Pempek.

Nah, gimana nih mangcek bikcek, sudah pahamkan bagaimana asal mula dari makanan lezat ini. Pempek sendiri sebenarnya telah mengalami banyak sekali modfikasi hingga sekarang. Hal itu bisa kalian ketahui dari bayaknya jenis pempek yang ada dan bahkan ada yang mempunyai nama Pempek Kapal Selam. Tapi meskipun berbeda jenis, tetap saja “becuko dak becuko, pempek memang tetap lemak rasonyo”, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

admin