Pertama di Sumatera, Palembang Punya Pasar Ikan Modern.

Sumber: https://kkp.go.id/djpdspkp

Sumber: https://kkp.go.id/djpdspkp

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong kenaikan konsumsi ikan dalam negeri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun pasar ikan modern dan dapat diakses secara offline maupun online sehingga memudahkan bagi nelayan menjual produknya ke konsumen.

Untuk itu, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo meresmikan Pasar Ikan Modern dengan lahan seluas 9.319 m2 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Pasar ini terletal di kawasan Jalan MP Mangkunegara, Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) III, Palembang.

Foto: Rahmat Alam Akbar

Foto: Rahmat Alam Akbar

Tujuan dibangunnya PIM untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Palembang dan sekitarnya, menyediakan tempat jual-beli yang nyaman, bersih dan memenuhi standar sanitasi dan higiene. Tujuan lainnya ialah menyediakan ikan yang bermutu, aman dikonsumsi, kontinyu, beragam dan terjangkau serta mengembangkan sentra bisnis perikanan dan industri pendukungnya dan mengembangkan tempat promosi dan edukasi sektor kelautan dan perikanan.

Adapun fasilitas yang ada di PIM terdiri dari lapak ikan hidup, segar dan olahan sebanyak 154 unit, foodcourt 10 unit, coldstorage kapasitas 15 ton 1 unit. Kemudian ada pula ice flake machine kapasitas 1,5 ton/hari sebanyak 1 unit, tempat bongkar muat, IPAL serta fasilitas penunjang berupa kantor pengelola, ruang promosi, ruang kesehatan dan musholla. Saat ini jumlah pedagang yang memanfaatkan PIM Palembang sebanyak 164 orang yang terdiri dari pedagang ikan segar, ikan hidup, restoran/kuliner dan komplimenter.

admin