Kenapa Harus Catton Combed?

Bahan dasar Kaos Nyenyes yaitu Catton Combed. APA ITU CATTON COMBED? Kenapa harus Catton Combed dan apa kelebihannya?

Kelebihan Kain Katun Combed /Cotton Combed dibanding jenis kain katun/cotton lainnya adalah salah satu alasan kenapa industri kaos lebih senang menggunakan jenis kain katun / cotton combed sebagai bahan dasar kaos yang mereka buat. Salah satunya adalah karena kain katun combed lebih lembut dan tidak kasar, karena benang yang digunakannya menggunakan benang yang diproses dengan cara di combing.

Dalam Industri kaos, umumnya yang sering digunakan adalah jenis kain katun combed dan katun carded. Harga kain cotton combed lebih mahal dari pada jenis cotton carded, hal ini dikarenakan kain cotton combed lebih lembut dbandingkan kain cotton carded, karena kain katun carded proses pembuatan benangnya tidak menggunakan mesin combing (sisir) melainkan menggunakan mesin carding (garuk). Itulah mengapa kain cotton combed lebih sering digunakan pada-kaos-kaos berkualitas.

 

Apa saja kelebihan kain Katun combed dibanding kain lainnya?

Perlu Anda ketahui, sebenarnya penamaan Cotton Combed  mungkin didasari dari nama mesin pembuat benangnya, yaitu “mesin combing”. Jadi, mesin combing ini akan menyisir serat kapas melalui proses yang dinamakan comb atau sisir. Proses ini akan menyisihkan serat kapas yang panjang dan membuang serat yang pendek, sehingga benang yang dihasilkan dari proses ini jauh lebih lembut, kuat, dan tidak ada nap sambungan. Selain itu, pada saat pembuatan benang tersebut semua kotoran yang tersisa juga akan dihilangkan, alhasil kain yang dihasilkannyapun lembut dan tidak kasar.

 

Berikut ini beberapa kelebihan kain katun/cotton combed dibanding dengan jenis kain lainnya:

1. Kainnya nyaman, lembut, dan tidak kasar

2. Kainnya lebih kuat dan tidak mudah robek

3. Tidak mudah kisut apabila dicuci

4. Tidak panas saat dipakai, alias Adem

5. Mudah disablon

6. Menyerap keringat.

7. Tidak berbulu

Dipasaran saat ini dijual beberapa jenis kain cotton combed yang dibedakan berdasarkan tingkat ketebalan, seperti katun/cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. Untuk kaos kaos berkualitas bagus biasanya distro-distro menggunakan 30s atau 40s. Semakin kecil angka maka semakin tebal kain tersebut, dan tanda “S” dibelakang angka tersebut artinya adalah “Single Knite atau Jarum Tunggal”.

 

Kalau Kaos Nyenyes yang mana ya?

Tentu kita memakai kualitas yang terbaik, ada yang 24s dan 30s. Dengan harga yang berbeda pula diantara keduanya.

admin