Jacobson Van Den Berg & Co Palembang, Dulu dan Sekarang

Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang terus menerus dihuni sampai saat ini sekitar 1-4 abad lamanya. Berbagai kebudayaan tumbih berkembang dan runtuh, lalu tergantikan dengan kebudayaan baru diatasnya. Sehingga sangat sulit menemukan bangunan baru di atas reruntuhannya. Walaupun hanya sedikit yang tersisa.

Diantara sedikit yang tersisa itu salah satunya adalah gedung Jacobson Van Den Berg. Gedung ini berada diantara Sungai Sekanak dengan Benteng Kuto Besak dan dibangun sebelum kemerdekaan Indonesia. Bahkan bangunan ini diperkirakan antara tahun 1934 sampai 1940.

Gedung Jacobson Van den Berg adalah gedung milik perusahaan yang bernama sama, Jacobson Van Den Berg. Perusaan ini didirikan di Den Haag pada tanggal 1 Juli 1860 dan tumbuh menjadi salah satu dari 5 perusahaan terbesar Belanda di massanya.

Jacobson Van Den Berg bergerak di bidang asuransi dan perdagangan ekspor-impor dengan kantor cabang yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya di New York, Rio de Jainero, Sao Paolo, singapura, Hongkong, Tokyo, sydney dan Batavia (Jakarta).

Setelah membangun kantor di Jakarta pada tahun 1934, Jacobson Van Den Berg lalu membuka cabang lain di beberapa kota termasuk Palembang, di kota inilah Jacobson Van Den Berg membeli karet dan kopi untuk dijual di luar negeri.

Jacob Son

 

Kantor NV Jacobson Van Den Berg & Co di Palembang memiliki 2 lantai tersebut sempat terbengkalai ketika Jepang menguasai Indonesia. Jacobson Van Den Berg berhasil mendapatkan dan menggunakan kantornya tersebut kembali setelah pasukan Jepang secara keseluruhan Meninggalkan Indonesia pada tahun 1947.

Hanya saja, di awal tanun 1950-an, pemerinta Indonesia melakukan nasionalisasi di hampir semua peninggalan Belanda, gedung tersebut juga termasuk salah satu yang akhirnya dimiliki oleh pemerintah.

Jacon son Van den berg

Dinding Kantor Jacobson Van den Berg sudah mengjiram dan berdebu, akan tetapi uniknya, walaupun tidak terawat dan menjadi kumuh serta kotor, namun bekas kantor Jacobson Van Den Berg itu masih kuat berdiri dengan desain awal sampai saat ini. Hal terssebut menjadi satu bukti bahwa memang benar aksitektur dan seni bangunan jaman kolonial sangat hebat dan mampu bertahan lama melintasi banyak dekade.

Kantor van Jacobson van Den Berg adalah salah satu bangunan tua sisa kolonial Belanda terletak di Jalan Sekanak tepat di persimpangan Balai Pertemuan (Kini kantor Pol PP). Lewat bentuk kita pasti sudah akan mengeri bahwa bangunan ini sudah berusia cukup tua. Warna bangunan yang dahulu putih sekarang tidak tampak lagi, kini bangunan tersebut kusam tak terawatt namun tetap berdiri kokoh khas bangunan kolonial.

Sayangnya bangunan bekas kantor van Jacobson van Den Berg kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Seandainya pemerintah setempat mengambil bangunan ini dan menjadikan bangunan tersebut sebagai aset wisata bukan mustahil akan menjadi tempat yang menarik untuk di kunjungi. Palembang bukan kota seperti Jakarta mapun Semarang yang memiliki wilayah kota tua yang terpusat, di Palembang bangunan tua berada menyebar di sudut-sudut kota, tidak jarang bangunan tua yang masih tersisa kini sudah hancur dan tinggal kenangan. Keberadaan bangunan tua di Palembang harus dilestarikan karena merupakan warisan sejarah yang tidak ternilai harganya.

Bertahun-tahun sudah dilewati keadaan bekas kantor van Jacobson van Den Berg masih seperti dahulu tidak berubah menjadi lebih baik bahkan lebih memprihatinkan. Jangan sampai bangunan bersejarah tersebut hancur dan hilang tinggal kenangan. Semoga bangunan ini akan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Keberadaan kantor van Jacobson van Den Berg di Palembang kurang diketahui pasti kapan berdirinya, namun dari bentuknya saja kita sudah pasti mengira banyak kisah yang telah disaksikan bangunan tersebut. Van Jacobson van Den Berg adalah perusahaan dagang milik Belanda yang beroperasi di Indonesia sejak 1960 dan dinasionalisasikan pada tahun 1958. Perusahaan ini bergerak di bidang asuransi dan perdagangan (Expor-Impor) termasuk membentuk perusahaan kongsi di Palembang untuk pembelian karet dan kopi.

DSCF5239

Di akhir tahun 2018, tampilan gedung Jacob Son Van Den Berg berubah lebih cerah, di cat dengan warna yang baru. Warna bangunan yang dahulu putih sekarang tidak tampak lagi, kini bangunan tersebut sudah di cat ulang dengan warna kuning khaki, coklat dan biru yang membuat gedung itu lebih segar.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel bulan ini, sampai bertemu bulan depan :)

admin